Senin, 26 Oktober 2009

PELATIHAN REPLIKASI INTERAKTIF AUDIO INSTRUKSIONAL (IAI) GURU TK se UNIT PELAKSANA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BENER



Program Audio Interaktif, yang juga dikenal sebagai paket PAI adalah paket materi pendidikan untuk anak-anak usia 5 dan 6 tahun yang terdiri dari audio dan cetak yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas TK B.
Program audio mempromosikan pembelajaran interaktif melalui bermain, menyayi, kegiatan fisik, dan bercerita. Pendidikan ini memungkinkan anak-anak berinteraksi satu dengan yang lai dan dengan guru kelas, bahkan dengan tokoh-tokoh audio. Program ini menuntun anak-anak dan guru-guru melalui kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada standar dan kurikulum nasional TK B yang sesuai dan menyenangkan bagi anak-anak pra-sekolah.
Paket PAI diciptakan melalui sebuah kemitraan antara Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Pustekkom), Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Terbuka, dan Program Pendidikan Dasar Terdesentralisasi : Belajar-Mengajar (DBE 2) yang didanai oleh USAID. Selain institusi yang telah disebutkan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa (P4TK TK dan PLB) bermitra dengan DBE 2 untuk melatih guru dalam menggunakan Paket PAI di kelas.
Kecamatan Bener sebagai mitra DBE, telah mendapat pelatihan PAI di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Mengingat penting dan bermaknanya PAI maka program ini disampaikan kepada seluruh Kepala /Guru TK se-Kecamatan Bener dalam bentuk Pelatihan Program Audio Interaktif bagi Kepala dan Guru TK se-Kecamatan Bener.
NAMA DAN TUJUAN KEGIATAN
1. Nama Kegiatan : Pelatihan Interaktif Audio Instruksional Bagi Guru TK
2. Bentuk Kegiatan : a. Pelatihan
Ceramah
Diskusi
Presentasi
b. Pendampingan
Fasilitasi praktik IAI di TK
3. Tujuan Kegiata : a. Meningkatkan ketrampilan Guru menggunakan audio
dalam pembelajaran.
b. Penguasaan pembelajaran dengan media audio.

SASARAN KEGIATAN
1. Sasaran Personal :
Sasaran kegiatan pelatihan adalah 32 TK , 32 Kepala dan 33 guru kelas Taman Kanak- kanak di wilayah UPT Pendidikan dan Kebudayaan Bener.
2. Sasaran Program : a. Kepala/Guru TK memahami dan terampil melaksanakan IAI
b. Kepala/Guru TK mampu melaksanakan IAI dengan baik di TK
nya melalui pendampingan.
TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
1. Tempat Pelatihan :
a. Tempat Kegiatan : Kegiatan akan dilaksanakan di Balai Desa Kaliboto

2. Pendampingan :
a. TK
b. Gugus TK/KKG TK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar